Jumat, 04 Maret 2011

PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANG KAN PENGETAHUAN SISWA


Permasalan yang terindentifikasi dan cukup ensensial unuk melakukan pemecahan masalahnya adalah sebagai tempat mengembangkan masalahnya adalah :

1. Bagaimana cara membiasakan siswa agar mau memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat mengembangkan pengetahuannya ?

2. Bagaimana cara mengarahkan guru agar mau memanfaatkan perpustakaan ebagai salah satu sumber pembelajarannya ?

3. Dan bagaimana peranan perpustakaan terhadap perkembangan pengetahuan dan wawasan siswa

Perpustakaan seklah merupakan unit sarana pendidikan yang saat ini belum dapat dimanfaatkan secara optimal oleh sebagaian besar pendidik . hal ini terjadi diakibatkan oleh berkembangnya sistem pembelajaran yang bersifat orality,yaitu lebih banyak menerangkan dari pada menyusun sebuah strategi yang memberdayakan siswa untuk belajar secara mandiri di perpustakaan .

Dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai sentral pendidikan,kita berharap mendapatkan hasil ganda , yaitu dari satu sisi siswa akan belajar mencintai perpustakaan,sedangkan dari sisi lain mereka akan mampu mencocokkan penjelasan yang di peroleh dari guru,dengan sumber yang dia dapat dari buku yang di baca .

Penalarean merupakan proses yang terpenting dalam pendidikan, namun juga belum mendapat perhatian yang optimal , dan ini terjadi karena sistem pembelajaran konsep yang kini secara umum diterapkan oleh para pendidik kita.sebab daya nalar tersebut merupakan sumber utama yang dimiliki manusia untuk berkreasi dan beradaptasi agar mereka mampu memacu kehidupan dalam zaman dalam zaman teknologi yang semakin canggih ini.nalar manusia hanya akan berkembang secara maksimal jika ia diasah melalui pendidikan

Tujuan perpustakaan sekolah bila di kaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah.diantarannya adalah :

1. Memupuk rasa cinta,kesadaran dan kebiasaan membaca

2. Membimbing dan mengarahkan tekni isi bacaan

3. Memperluas pengetahuan para siswa

4. Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan dan daya piker para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yamg bermutu

5. Membimbing para siswa agar dapt menggunakn dan memelihara bahan pustaka dengan baik

6. Memberikan dasar-dasar kea rah studi mandiri

7. Member kesempatan para siswa untuk belajar bagaimana cara menggunakn perpustakkannn dengan baik,efektif dan efesien,terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi

Perpustakaan berpengaruh terhadap fungsi perpustakaan,perpustakaan sekolah harus dapat memaikan peran,khususnya dalam membantu siswa untuk mencapai tujuan pendidikan disekolah .untuk tujuan tersebut,perpustakaan sekolah perlu merealisasikan misi dan kebijakannya dalam memajukan masyarakat sekolah dengan mempersiapkan tenaga pustakawan yang memadai ,koleksi yang berkualitas serta seraigkain aktifitas layanan yang mendukung suasana pembelajaran yang menarik

Dengan memaksimak\lkan peranannya,di harapkan perpustakaan sekolah bias mencetak siswa untuk senantiasa terbiasa dengan aktifitas membaca,memahami pelajara,mengerti maksud dari sebuah informasi dan ilmu pengetahuan serta menghasilkan karya bermutu,sehingga pada akhirnya prestasi pun relative mudah untuk di raih

Untuk mencapai tujuannya , perpustakaan sekolah perlu dikelolah oleh pustakawan dengan tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi terhadap layanan.pustakawan sekolah harus harus mempunyai jiwa sabar , serta dituntut untuk memahami apa arti pendidikan sesungguhnya

Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah adlah meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsure-unsur sekolah lainnya, sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang,mendukung dan melekapi semua kegiatan ekstra kulikuler , disamping itu pula dapat membantu minat dan mengembangkan bakat murrid serta mementapkan strategi belajar mengajar

SUMBER : SISCA AMALIZA IX.1


1 komentar: