Rabu, 02 Maret 2011

Hayom Bakal Tantang Lin Dan

Pebulu tangkis pelatnas asal PB Djarum Kudus, Donoysius Hayom Rumbaka, bakal bertemu pemain China, Lin Dan, pada babak kedua All England di Birmingham, Inggris, 8-13 Maret 2011. Ketua PB Djarum Kudus, Yoppy Rosimin, mengatakan, pertemuan itu merupakan yang pertama kali bagi Hayom.

"Saya kira itu sangat bagus bagi Hayom untuk memperkaya jam terbangnya. Dia pernah bertemu Lee Chong Wei (Malaysia), Taufik Hidayat, Park Sung Hwan (Korea), Boonsak Ponsana (Thailand), dan lain sebagainya, selanjutnya bakal bertemu pebulu tangkis besar China (Lin Dan)," ujarnya, Rabu (2/3/2011).

Menurut dia, soal menang atau kalah, bukan jadi masalah utama. Yang terpenting dalam laga tersebut adalah Hayom bisa menambah jam terbang.

Namun, Hayom harus lebih dulu melewati rintangan pertama untuk meretas jalan bertemu Lin Dan. Dia harus mengalahkan pebulu tangkis Denmark, Hans Kristian Viitinghus, yang lolos dari babak kualifikasi kejuaraan klasik ini.

Melawan Hans Kristian, Hayom harus bermain ekstrahati-hati. Pasalnya, pemain tersebut tak mudah dikalahkan lantaran memiliki gaya bermain yang rapi dan halus. Artinya, dia tidak mudah mati sendiri serta memiliki gaya bermain yang hati-hati dan tidak tergesa-gesa.

"Saya kira dengan kematangan dan pengalaman Hayom seharusnya bisa mengalahkan Hans Kristian pada babak pertama," katanya.

All England di Birmingham mendatang merupakan yang kedua bagi Hayom. Yang pertama adalah 2010, tetapi dia hanya sampai babak pertama karena kalah dari pebulu tangkis China, Chen Jin, yang diunggulkan di tempat ketiga.

Pada pertemuan melawan Chen Jin tersebut, Hayom kalah pada set pertama dengan angka 16-21, tetapi pada set kedua berhasil meraih kemenangan dengan angka 21-19. Sayang, di game ketiga Hayom kalah dengan angka 20-22.

Selain Hayom, pebulu tangkis asal PB Djarum yang terjun pada All England mendatang adalah Mohammad Ahsan (berpasangan dengan Bona Saptano), Luluk Hadiyanto (berpasangan dengan Candra Wijaya), dan Afiat Yuris Wirawan/Rendy Sugiarto (ganda putra). Kemudian untuk ganda putri Meliana Jauharai (berpasangan dengan Greysia Polii, sedangkan ganda campuran adalah Tantowi Ahmad (berpasangan dengan Lilyana Natsir), Frans Kurniawan (berpasangan dengan Pia Zebadiah), serta Muhammd Rijal/Debby Susanto.

"Mereka adalah pebulu tangkis Djarum yang ada di pelatnas. Kalau klub ini memang tidak mengirimkan atletnya ke All England karena pada waktu yang hampir bersamaan atlet Djarum diterjunkan ke kejuaraan bulu tangkis di Australia dan Selandia Baru," katanya.

sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar