Rabu, 25 Agustus 2010

LISTRIK STATIS


A. Listrik statis
Sifat kelistrikan suatu benda ditunjukan adanya muatan listrik yang terdapat pada benda tersebut.Ada dua jenis muatan listrik yaitu:muatan positif dannegatif.Suatu benda di katakan bermuatan positif jika kelebihan proton atau kekurangan elektron dan sebaliknya benda akan bermuatan negatif jika kelebihan elektoron atau kekurangan proton.Muatan listrik yang ditimbulkan oleh sisir atau mistar masih sulit untuk ditunjukan bahwa muatan nya bersifat positif atau negatif.
Contoh-Contoh listrik statis.
1 Awan diudara
2 gesekan ban mobil dan jalan akan terjadi listrik statis.
3 pada cerobong atap dipasang plat
4 mencat mobil.
5 printer.
6. kilat

B. ELEKTROSKOP
Keberadaan muatan listrik pada sebuah benda dapat diketahui dengan elektroskop.bangun elektoskop terdiri atas dua buah daun logam tipis dipasang pada ujung batng logam.ujung lain btang itu biasanya di pasang bola logam.untuk menghindari dari bepindahnya muatan ke udara bebas.batang tersebut dimasukan ke dalam kaca.

C. HUKUM COLOMB
Gaya tarik-menarik atau tolak menolak dua muatan listrik yang diam disebut juga dengan gaya elektrostatis atau gaya colomb.
Colomb diperoleh bahwa besarnya gaya tarik-menarik atau tolak-menolak antara muatan listrik berbanding terbalik dengan kuadrat jarak (r)kedua muatan.selanjutnya colomb juga yakin bahwa besar gaya tersebut berbanding dengan besar muatan masing-masing benda.selanjutnay colomb menemukan hukumya secara lengkap sebagai berikut.gaya tarik atau gaya tolak antara dua muatan itu berbandibg lurus dengan besar muatan masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya.

D. MEDAN LISTRIK
Jika suatu benda yang bermuatan listrik diletakkan disuatu ruangan,maka dalam ruangan tersebut terdapat medan listik.jika benda lain yang bermuatan listrik diletakkan diruangan tersebut.maka kedua benda akn mengalami gaya.
Jika muatan kedua benda sejenis,maka gaya yang terjadi adalah gaya tolak-menolak dan jika kedua benda mempunyai muatan yang tidak sejenis,maka gaya yang terjadi adalah gaya tarik-menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar